Search Thousands of lines of free code

Vb World   Java World C++ World ASP World

Advanced Search    Browse

Jumat, 05 September 2008

How Virus Working

HOW VIRUS WORKING

Bagaimana Virus Bekerja ”

By Mr Faq

( Abdullah Faqih )

Ahlan Wa Sahlan Wa Marhaban yaa Ramadhan

Assalamualaikum

Hi ! Teman – teman Ahlan Wa Sahlan yaaa akhi ! , gimana neeh kabarnya . Mudah mudahan slalu diberikan kesehatan oleh Our God tentunya Allah . SWT pada Bulan Suci Ramadhan ini . Aminnnnn! Ok ! Setelah lama menunggu dan berfikir – fikir apa tema selanjutnya, akhirrnyaaa datang juga tema di blog semangatremaja “personal Computer “ . kali ini Temanya adalah

How Virus Working ”

kenapa saya memilih tema yang satu ini karena.......eh.... karena banyaknya teman – teman yang kena perusak kesehatan pc { personal Computer } yang satu ini . Yang tentunya namanya tidak bukan dan tidak asing lagi yaitu Virus Komputer . sebetulnya apasih yang disebut dengan Virus komputer itu ??? ok ! Deh saya jelasin aja apasih yang disebut dengan virus komputer itu ??? Menurut Pak Fred Cohen dia berpendapat katanyaaa:

“ A program that can infect other program by modifying them to include a slightly altered copy of it self , a Virus can spread troughout a computer system or network using the authorizatoin of every user using it to infect their programs , every programs that gets infected can also act as a virus thus the infection grows”

Translating :

“ Suatu program yang dapat menginfeksi program lain dengan cara mengubah program lainnya dengan cara mengubah program yang di infeksi tersebut agar mengikut sertakan sebagian kecil dirinya , suatu program virus dapat menyebar keseluruh sistem komputer menggunakan autorisasi dan setiap pemakai yang menggunakan program virus tersebut untuk menginfeksi program – program lainnya , setiap program yang terkena infeksi akan berprilaku seperti virus , dengncra inilah virus berkembang ”

Menurut saya “Mr Faq ” Virus komputer adalah heee ……..

“suatu Program yang dirancang untuk merusak dan mengacaukan jaringan dan sistem yang ada pada suatu Operating System ( OS) yang menyebar dengan cara menginfeksi file – file lainnya dan kemudian mempunyai sifat yang sama , untuk menginfeksi file yang lainnya dengan cara yang sama .”

Mungkin Notabene para teman – teman punya komputer yang memakai Operating System Windows . Mungkin banyak Virus yang banyaknya dikhususkan untuk Os ini Yaitu Win...dows . Virus inilah yang mengacaukan dan mengobrak – abrik Registry Windows yang di umpamakan sebagai urat syaraf dan Nadi-nya komputer Windows . Sebelum lebih jauh bagaimana seeh Virus itu menyebar neeh jawabannya :

1. Dari File yang Kita 2 Download di Internet

iya gak !!.... Temen – temen saya suka mengeluh kaya geneeh : “ Mr Faq nehh gara 2 ane Download dari internet dapet oleh 2 dah ..... Mending bagus nah ini bawa – bawa Virus ! ” yaiiiiiyyalah Masa yaiiiya donk ! Scara.. Internet gitu ! , Dunia maya dimane seseorang bebas nge – Upload file – file. Yah , termasuk File Virus eneeh !! klo udah gitu siape yang salah ??? kebanyakan Virus terbawa oleh File – file yang mempunyai Format Executable atau biasa di sebut dengan file ( .exe ) jadi hati – hati bagi kamu untuk nge download file berformat executable karena Daaaannnn...geeee....riii.....oouuusss . Gak segitunya keleeee???.

2. Situs – situs yang iseng

mungkin pada sebagian kecil situs – situs yang ada di dunia Maya . ada situs – situs yang jaillllnyaa minta ampun pake sgala naro File yang tentunya Virus , yang kebanyakan memakai program java n' VB (Visual Basic) untuk membuatya . masyaa allah ....... semoga orang yang melakukan itu disadarkan olehhh allah untuk kembali kejalan yang lurus :) . kebanyakan dari salah satu Website, saya mendapat keterangan ternyata Website yang banyak nyantol Virus didalamnya adalah Situs – situs Porno . Mungkin ketika download file gak jebo ( tau sendiri khan! )ternyata bukannya hasil download'an yang gak jeboo itu yang kita dapet malah dapet file yang ternyata Virus. Nah... hati – hati neeh kepada Pornholic udah nambah dosa nambah Virus juga hee...heee... :}

3. Minjem – minjem lewat CD yang Terinfeksi Virus / minta software ama temen

Nahh ...... nee diyee neeh yang dilakukan ama temen – temen Mr Faq Semua yang gak Modal . Hee.... sama donk . Tradisi Orang - orang boke seperti kita Minjem n' Minta software ama temen . Siapa tahu aje temen kite abis dari internet , download n' bawa Virus ke Komputernye udah susah gak bisa dapet software orisinil Ternyaataaa dapet Virus yang bajakan Pula !! apalagi data yang tidak diketahui terinfeksi Virus di Burning /”dibakar” untuk disimpan didalam CD dan menyebar dengan tidak tanpa Izin dari negara hee... :} .

4. Di dalam Laboratorium Komputer n' di dalam suatu jaringan yang luas dan yang local

Masalah lageee neehhh !! bagi orang – orang IT yang di Laboratoriumnya tersembunyi markas besar Virus komputer . Scara , udah berbentuk suatu jaringan yang lokan LAN ( Local Area Network ) yang tentunya bisa sharing dan Mapping data dan mungkin terkoneksi ke internet lageeehhh!!! . Disitu ..tuh enaknya Virus untuk bekerja ketika Folder yang berisikan program yang tersenbunyi para pasukan Virus Di sharing ( Dibagi ) kepada komputer lain dan ketika di install niscaya Virus akan ikut bergotong royong menghancurkan Urat Syaraf OS anda . Huuuhhhhh capeedeehhhh !!!

Ciri – Ciri PC Yang Terinfeksi Virus

( Computer Characteristic Which Virus Infection )

· Muncul pesan – pesan yang Gak .... jeee.... Booooo...

Heee...... emang nama nya Virus udah penyakitan pake kirim “ SMS ” Lagi kepada penggemar yang tidak dikasihaninya :} banyak Virus yang mengeluarkan pesan - pesan aneh misalkan Virus Blue Fantasy yang ngirimin pesan sehidup sematinya ama korbannya

“ Pesan Cinta “ emangnya kita pengen cinta – cinta'an ama Virus iiiiieeeehhh ....... Capedeh !!

· Ada Kejadian Anehhh .............iiiiiihhhh....seee..reeeemmmm

aduuhhh...... gak bisa ngejalanin Run nehh , Task manager ! , Safe Mode what happen with my computer ??? Ciiiyyeee pake bahasa inggris :} aachiimmm ....... hati – hati sobat klo ada kejadian begitu , klo ada kejadian kayak gitu insyaallah komputer kamu terkena Virus . Selamat yaaaa!!! Weleh ... weleh.... kok malah seneng :} bahkan klo Task manager , dan Run yang didalamnnya ada regedit ( Registry Editor ) dan Msconfig ( Microsoft Configuration ) yang sifat nya penting untuk menghentikan gerak – gerik Sebuah Virus gak bisa di buka ! apa jaadinyyaaa .... ! gaswat eehh salah Gawatttt.... :} apalagi klo Safe Mode dimana dalam keadaan seperti itu Virus gak berfungsipun dikendalikan dan tidak bisa dibuka karena Sebuah Virussss... yang canggih aduhhh... gimana... nehhhh! :{

· Muncul Sebuah File yang gak jelasssss mau ngapain,Virus said “ Yahh nyebarin aaqiuuuu”

Bah... File apaan neeh kok icon nya text ( Notepad ) tapi formatnya kok (.exe) bukannya (.txt ) klik ahhhh !!! Tiba – tiba ...Werrrrrrr........ Virus is Working Friends !!! yah..yahhhh... kenna dehh ! mangkenye kita dikit – dikit belajar jadi detektif dong !!! selidikin dulu bener atau enggaknye mau tau caranye n'tar belakangan aje ...hee...hee...hee....

· Komputer antum jadi lelet ( ampunnn dehhhh !! )

Merasa tidak enak tidur ? tidak enak makan ?? tidak enak segalanya karena komputer anda lelet paa ...kaaiiii Antivirussss!!! hee... iklan yang anehhh !! Ahlan wasahlan nehh buat komputer antum yang lelet bisa jadi selain karena Hardware ’nya Butut gak Kerawat heee...(maaf ! jangan tersinggung ) skali – kali klo ketemu hal seperti itu Coba slidikin dengan yang namanya Antivirus mungkin banyak kok antivirus yang bagus klo boleh kasih saran pakai antivirus seperti NOD , Avast versi 4. 8, AVG Free 2008 , Avira personal Edition , dan satu lagiii Kaspersky !!! yang semuanya insyaallah Free Downloads Di internet. Cobain deehh satu persatu klo saya cenderung kepada Antivirus yang Kaspersky dan Avira !! Selamat Mencobaa!!! Atau bisa Download Diantaranya di Software Antivirus yang ada di samping kanan .

Attention !

Article “ How Virus Working ” is Starting !!!

Huuuuuh ... Akhirnya Datang Juga artikel yang kita Tunggu – tunggu neehh !!! langsung aja yach !

Klo kita bicara tentang Bagaimana Virus Bekerja tentunya sangat menarik dan sebetulnya yang memacu dan menjadi sebab Virus itu benyebar dan bekerja apasih !!! enee….diyeee !!

1. Ngikut/nempel pada suatu File

Virus ..Virus !! yah beginilah kehidupan para Virus pada kehidupan yang dipengaruhi gaya Hidup Globalisasi . Mereka gak bisa Hidup sendiri dan bisanya numpang – numpang pada orang – orang yang kemungkinan ingin disusahin dan berkecukupan hee…. Yah … sama – sama dikit lah ama Virus Biologis yang dialami manusia . tadi udah kita bahas bagaimana Virus menempel pada file yang berakhiran format executable atau (.exe) biasanya teknik ini disebarkan melalui Internet dan dan akibat dari infeksi Virus terhadap suatu File skali lagi saya peringatkan kepada teman – teman semua untuk waspada dan hati – hati terhadap File yang dicurigai . “Wasspadalahh… waspadalah ”( kata bang Napi ) hee….

2. Mr Virus Ngotak - Atik File Autorun. inf di Removable disk kamu

Yahhh.. gitu….dehh Virus yang heebattt !! adaa..aja akal – akalan ’ nya bayangkan File yang memberi kemudahan bagi kita membuka Suatu File di Removable disk pun dibuat taktik penyebarannya …. Ihhh..seeremmm !! disineneeh Para Virus Maker membuat terobosan baru untuk ngerjain user Computer . sebetulnya pasih Autorun .inf itu yang biasa ada di Removable disk seperti CD , Flash Disk dan lain –lain ?? Mr Faq terangin yach menurut Ilmu yang saya dapatkan dari University Of Faq Answer Question ( UOFAQ) di Planet Mars sana heee….. !! Autorun . Inf Adalah salah satu file yang berekstensi( .inf ) yang berguna untuk menjalankan Perangkat tambahan seperti Removable media / Disk agar File yang ada didalamnya terdeteksi scara otomatis . ( Attention ! Maaf apabila kurang akurat definisinya ) hee… !! begitu mass..mbaakk….. !! nah … Akhi (saudaraku “laki – laki “) disinilah tempat otak – atiknya Virus di Proses agar mereka bisa menyebar scara pesat . dengan apa dan bagaimana Cara si VirusBekerja tau gak dengan apa ukhti ( Saudaraku “ Perempuan”) . The answer is ….. dengan cara mengotak atik Coretan keyboard yang ada file tersebut file autorun .inf klo gak salah (hee…) kayak geneehhh isinye :

[AutoRun]

Open =autorun.exe

Nah .. gitu ! otomatis file yang akan dijalankan adalah File autorun yang bisanya klo kita masukin flashdisk muncul Tab yang Mempunyai pilihan Open Folder , Play using winamp dan lain – lain geetooo . dan ketika Virus itu mengotak - atik File pada tulisan tersebut Misalkan menjadi :

[AutoRun]

Open =SystemRisk.exe

Yang berisikan Virus (SystemRisk Diumpamakan File Virus) menjadi otomatis berjalan maka apa yang terjadi !!?? mereka !! para virus bejibun untuk nge’gonta – ganti Registry dan System kamu dan mereka mengendalikannya !! klo udah registry / system yang kena , bakalan repot kamu jadinya… huuhhh !!!capeedeeehhhh !!!

3. Ngotak - atik Active X

Sebetulnya apasih yang diesebut Active X dan Folder htt itu ??? Active X adalah Lingkungan pemrograman yang dilakukan oleh Microsoft untuk menciptakan sistem yang aktif pada halaman Web, yang juga mendukung Java, JavaScript, Visual Basic dan bahasa-bahasa pemrograman lainnya yang semuannya itu terbatas dan hanya dapat digunakan pada Internet Explorer. Nahh… inidiye …. Ketika seorang Virus Maker memanfaatkan Active X cara kerja untuk mengotak – atik Active X geneeh ketika Virus yang dirancang khusus untuk menuliskan satu atau dua Subkey CLSID(Class ID) di subkey yang menangani Active X dan menuliskan datanya dengan nama File Virus yang ingin di jalankan dan saat Windows dihidupkan ia akan memeriksa susunan syaraf yang dimiliki oleh Windows termasuk syaraf yang menangani Active X . Jika ternyata pada subkey tersebut ada data baru atau pernah terjadi penghapusan dan penulisan data maka Windows akan menjalankan Data yang berubah tersebut . lalu menjalankan File yang ada dalam data tersebut karena dianggap telah terjadi pemasangan Program Active X baru !! nahh……… klo udah geeneee pada saat computer dinyalakan Insyaallah MrVirus Bekerja ………………

Apa Yang Harus Dilakukan Ketika Ada Virus Yang Masuk pada Komputer Kita

1. Mencurigai File yang aneh

Mungkin Tadi pada pembahasan pertama udah dijelasin bagaimana ada suatu Icon yang icon nya Notepad yang tentunya berekstensi (.txt) tapi bukannya berekstensi kayak getoo malah berekstensi (.exe) nahhh… itu khan perlu diwaspadai !!! untuk menyelidikinya caranya geneehhh .

o Klik kanan File yang Dicurigai > General > lalu lihat Type’nya kloo udah jelas – jelas icon’nya Notepad tapi ekstensinya malah (.exe) Berarti itu Virus sobat !!!

Kadang – kadang ada juga suatu Folder yang ada ekstensinya ??? haahh… emang ada Foder

Yang Berekstensi ??? yaaa..ada lah !! masa ada donk ?? Contohnya ?? yang ada Virusnya !! he…hee..kadang ada juga Virus yang mengganti Icon sebenarnya Menjadi Icon yang kosong maksudnya gak ada gambar logonya !! nah.. itu juga tanda - tandanya ! di dalam artikel ini sayangnya Cuma dibatesin hanya bagaimana Suatu Virus bekerja seeh gak ada penangannannya hee…. Yah dimaklumin deeh !!! hee… nanti …kata mamah…. Baim dimarahinn…..kaareenaa…. keluuuaarrrr …jaaluuur ! (Baim said)]

2. Memakai AntiViruzzzzzzzzzzzzzz

Heee….. hal paling Praktis,paling gampang , paling enak !! Pakai antiiViruzzz… gampang gak Cuma scan objek /drive untuk meng’handle Pak Rt Virus agar tidak Berlibur kedaerah urat syaraf windows kan bahaya !!! setelah melakukan hal / mencurigai file yang diduga Virus ada baiknya kita men’scan file yang dicurigai iya gak !! selain itu Antivirus Juga bagus untuk melindungi kamu dari Removable Disk yang ada Oleh ….Oleh… Viruzzzzzzzzz

3. Memakai Perangkat Utilities dari Windows

Banyak cara menuju paris ehh…salah Roma begitu kata pepatah bangsa kita banyak juga cara membasmi Virus tanpa software Utilities yang ada diluar perangkat OS windows !! dengan menggunakan apa Mr ?? mau tau jawabannya ?? menggunakan Regedit (Registry Editor), MSConfig (Microsoft Configuration ) , Windows Task Manager , Command Promt ( Under Dos) . setahu saya Cuma segitu …hee…… ! mungkin saya hanya menjelaskan sdikit saja cara pemkainnya !! yang lain cari sendiriii di daerah Tetangga heee… ! dan tentunya di Buku – Buku !!!

· Menggunakan Windows Task Manger !!

Sobat !!Terkadang banyak Viruzzzzz yang bekerja pada saat komputer hidup dan dikalankan ! Itu pasti !! bagaimana cara menghentikan Pak Viruzz agar tidak menulari File yang lainnya salah satunya yaitu dengan Task Manager ! Gimana Caranya ? Caranya adalah jalankan task mager dengan menekan Ctrl+Alt+Del , lalu muncul satu tab yang bernama Windows Task Manager namanya juga Task manager (mengatur Tugas / Pekerjaan ) yang Software,Hardwaredan Brainware yang semuanya Berkolaborasi berjalan dengan satu pekerjaan ! Bagaimana ada pekerjaan yang tidak Di undang kayak Viruzzzz ?? Kita harus menghentikannya setelah kita memamnggil task manager klik Processes dimana semua Task tang jalan muncul disitu ! Lalu ketika teman – teman melihat serta membaca pada Tab Processes tadi ada File yang bekerja truz mencurigakan seperti misalkan diantara File yang Bekerja ada File yang bernama Emberr . exe , Nahhh patut di waspadai cara untuk menghentikannya adalah Klik Task pada File yang Mencurigakan >kemudianTekan End Processes dan selesai ! Kamu telah melakukan Penyelamatan dengan Baik dan ada baiknya kita melakukan ini pada saat Komputer baru pertama kali dinyalankan sedikit saran lagi yach !! ini dilakukan ketika Tidak ada bantuan dari aplikasi lain misalnya AntiViruzzz getoooo

Saran n' Masukkan

Yaa akhi !! Mungkin ada baiknya kita slalu menjaga kesehatan Pc (Personal Computer ) Kita dari pengaruh Viruzzz , Worm , Riskware dan lain – lain pokoknya yang merusak System dari PC kita masukan dan saran Dari Mr Faq adalah setelah kamu baru / menginstal sebuah Pc ( Apalagi yang baru belee) sebuah Pc yang Kita miliki ada baiknya PC kamu dilengkapi juga ama Antivirus yang canggih supaya PC kita bebas dari “Tamu tak diundang “ iya gak !! apalagi kamu punya file penting mending Pake Software yang namanya Tidak asing lagii pada kamu yang slalu memproteksi komputer kamu . Tau gak apa ?? Betull (belum juga dijawab he...) namanya adalah Deep Freezzzzzzz !! bagus bangets neeh software , sebetulnya Deep freez ini gak hanya mengunci system dari file – file aja keuntungan lainnya dia juga bisa nge'protek system dari Virus dan sebangsanya Juga Lhoo Tapi penguncian Systemnya bisa juga dilepas dengan Settingan Dan Password sedikit settingan do'ank sehh ! keuntungan lainnya Software ini Banyak Di Internetdan Free Download , cari aja deeh insyaallah Mr Faq cariin tinggal download aja di samping Antiviruss yang menurut Mr Faq bagus and free dan tentunyaa Deprezz Insya allah yaa !! Ok deh !! segeneh aja pembahasan Kita Kali ini Tentang Bagaimana Virus bekerja . Maaf 2 yee klo banyak penyampain yang Kurang maaafin skali lageeh yaaa akhi !!

Jazakumullahukhairan Katsiran

Wassalamualaikum Sobat !

Kritik dan saran yang membangun Silahkan Kirim Ke Mrfaqih@gmail.com

1 komentar:

Anonim mengatakan...

untk gabung dengan blogor, silahkan lihat http://blogor.org/