Search Thousands of lines of free code

Vb World   Java World C++ World ASP World

Advanced Search    Browse

Rabu, 08 April 2009

Sekilas Tentang Jaringan Komputer


Assalamualaikum

Hi teman …teman ketemu lagi neh…he….. gimana kabarnya …. Waduuuhhhh…… semoga selalu di kasih kesehatan yach..ma our god allah . SWT tentunya ,,

Ok sobat kali ini kita akan membahas tentang jaringan Komputer aduuuhhhh…. Aduuhhhh … sebetulnya jaringan computer tuh apa sehhh…???

Ok sob …. Jaringan computer adalah kumpulan computer yang terhubung satu dengan yang lainnya yang memungkinkan untuk bertukar file atau data dari satu computer ke banyak computer lainnya .

Nah gitu teman !! ketika ada segerombolan computer yang terhubung satu dengan lainnya dinamakan computer yang berbasiskan jaringan tapi… kalo Cuma satu computer desktop dinamainnya bukan jaringan tapi berjenis PC ( Personal Computer ) Gitu !!

Dalam jaringan computer dibagi menjadi beberapa katagori, yaitu :

1. LAN ( Local Area Nework )

2. MAN ( Metropolitan Area Network )

3. WAN ( Wide Area Network )

LAN adalah Local Area Network yaitu jaringan yang digunakan terbatas pada Area Local saja misalkan di gedung atau di dalam satu ruangan kecil misalkan WARNET

MAN adalah Metropolitan Area Network yaitu Jaringan yang digunakan hanya antar gedung. Dan

WAN adalah Wide Area Network yaitu Jaringan yang terluas karena mencakup semuanya antar kota, antar Negara, sampai antar Benua tapi gak antar Planet hee…heee

Pada era informasi yang berkembang … semua dasar pergerakan manusia membutuhkan Komputer apalagi pada zaman ini ! masyarakat dunia membutuhkan keefisienan waktu dan efektifitas pekerjaan yang berkualitas. Nah, dengan adanya jaringan computer ini manusia abad sekarang dapat mengefisienkan waktu dan mengefektifkan pekerjaan mereka melalui jaringan computer. Yang terhubung . sehingga dapat lebih mudah membantu kita dalam aktifitas kita sehari – hari .

Seiring berkembangnya zaman jaringan computer lebih dipublikasikan lagi kepada masyarakat banyak contohnya di WARNET atau di seluruh perkantoran .

Nah… dari ketiga jenis katagori tadi LAN ( Local Area Network )’lah yang paling sering digunakan dalam aktifitas sehari – hari . sebetulnya ketiga jenis katagori tadi berhubungan satu sama lain .

X ini kita akan membahas jaringan dasar dari computer dan menurut saya ringan pembahasannya ..yaitu LAN ( Local Area Network )

Ciri – Ciri Local Area Network

1. Shared Data ( File , Folder, software, Documents,etc )

2. Komunikasi Data Kecepatan Tinggi

3. Penggunaan yang lebih efektif

Kenapa shared data ??

Karena ketika computer kita menjadi jaringan Local akses penggunaan / pertukaran file digunakan secara bebas. Kita bisa bertukar segala bentuk file mulai dari document sampai Video dalam satu jaringan local aja . komunikasi dan trasfering data secara bersamaan dapat dilakukan dan tentunya sangat berguna bagi orang – orang sibuk abad ini.

Komunikasi Data kecepatan tinggi

Jaringan berbasis LAN ini memang memungkinkan user untuk mentransfer data dengan cepat dari computer satu kekomputer lainnya apalagi didukung oleh hardware jaringan yang mendukung, alangkah lebih efisien lagi bukan

Penggunaan yang lebih efektif

Jaringan ini juga mendukung keefektifan penggunaan . kita sebagai user dapat saling membagi pekerjaan dan kegunaan suatu perangkat misalkan aja Penggunaan Printer, ketika dalam area local dibbutuhkan tiap user printer untuk mencetak pekerjaan kalau misalkan belum di pasang jaringan maka kerja akan tidak efisien karena kenapa sob ? ketika dalam kuantitas orang yang membutuhkan printer dibutuhkan 1 printer tiap orang dan bandingkan ketika computer tersebut tersambung jaringan maka penggunaan printer bias dibagi / digunakan secara bergantian .

Nah itu dia … keuntungan dari jaringan Local Area Network friends jadi efisien dan efektif bukan

Nah sampai disini dulu yach pembahasan kita semoga dapat bermanfaat bagi teman – teman semua ….

Kritik dan saran silahkan kirim ke shoutbox blog ini ataui bias kirimkan e-mail ke mrfaqih@gmail.com

Wassalamualaikum

Tidak ada komentar: